SMAN 15 Pekanbaru Juara 2 pada Festival Syair Internasional 2023

SMAN 15 Pekanbaru Juara 2 pada Festival Syair Internasional 2023

PEKANBARU – SMAN 15 Pekanbaru meraih juara 2 sebagai sekolah terbanyak mengirim pelajar se-ASEAN dalam perhelatan akbar Festival Syair Internasional 2023 yang di adakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Acara ini dilaksanakan  pada tanggal 29 – 30 Desember 2023. Sebanyak 47 siswa SMAN 15 Pekanbaru terlibat sebagai penulis buku syair pelajar ASEAN. (31/12/2023)

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perruas (Perkumpulan Rumah Seni Asnur) ini merupakan bagian dari usaha untuk terus melestarikan dan mengangkat budaya bangsa khususnya syair. Dengan dukungan peserta dan penulis syair yang bersatu dengan guru-guru penggerak syair seluruh Indonesia, Malaysia, Brunei Darusslam, Singapore dan Thailand menghasilkan suatu buku Antologi Syair Pelajar dengan penulis mencatat Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia Dunia).

Penanggung Jawab Panitia Festival Syair Internasional, Datuk Asrizal Nur mengatakan, ada sekitar 700 penulis syair dari berbagai belahan dunia akan hadir dalam acara tersebut, di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, Italia, dan Indonesia.

Datuk Asrizal mengatakan, tujuan Festival Syair Internasional untuk melestarikan dan mengangkat kembali karya sastra klasik adiluhung, memperkuat kecintaan kepada negeri, menggerakkan literasi yang memuat pesan pencerahan, memperkaya khasanah buku sastra.

Kepala SMAN 15 Pekanbaru, Selamet, S.Pd dan Koordinator Guru Pembimbing syair SMAN 15 Pekanbaru Reni Yanuarni, M.Pd yang juga merupakan anggota aktif Forum Perpustakaan Sekolah dan Madrasah Indonesia (FPSMI) Provinsi Riau hadir dalam acara tersebut untuk menerima penghargaan Penggerak Syair Internasional dan Kepala sekolah peduli syair. Penghargaan di berikan di malam pucak Festival Syair International 2023. Dalam acara tersebut menampilkan kegiatan yang bervariatif, mulai pembacaan syair untuk negeri,  Zapin Syair untuk Negeri, Parade Syair Pelajar dan masih banyak lagi.

Turut andil sebagai mentor penggerak syair di SMAN 15 Pekanbaru yaitu ibu Romawati, S.Pd, M.Pd, ibu Erniati, S.Pd, MM, Dra. Arneti, Ermansyah, M.Pd, Desi Rahmawaty, S.E, dan Agidia Karin, S.Pd. Program menulis syair hingga menjadi sebuah buku kumpulan syair pelajar ASEAN Impian Anak Negeri ini telah berhasil menanamkan syair di taman impian anak negeri. Semoga terus tumbuh, berputik, berbunga dan berkembang sepanjang masa, dan syair terus mekar sepanjang zaman (REY).

SMAN 15 Pekanbaru Juara 2 pada Festival Syair Internasional 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas